Kamis, 06 Januari 2011

Toyota dan Hyundai Manjakan Pengemudi



KOMPAS.COM — Dua produsen mobil terbesar dari dua negara, Toyota Motor Corp (TMC) dan Hyundai Motor Co, tahun ini menawarkan sistem hiburan baru di mobil-mobil mereka di Amerika. Perangkat tersebut bisa dihubungkan dengan ponsel pengemudi untuk memberi akses ke radio, navigasi, dan layanan lain yang tersedia melalui internet.Layanan ini termasuk ke salah satu radio yang berbasis web, jadi memungkinkan pengguna membuat saluran berdasarkan selera musik yang disukainya, atau pilih penyanyi. Juga ada GoogleMaps dengan navigasinya.
Sistem pada Toyota disebut eTune. Pengemudi bisa mengakses gratis ratusan saluran radio melalui aplikasi telepon internet berbasis ihertradio's Clear Channel Communication Inc. Tak cuma itu, ada situs booking restoran, openTable.com dan sistem navigasi melalui Bing.com. Meski demikian, untuk sementara ini aplikasi yang dirancang masih terbatas.
System di Hyundai namanya Blue Link menawarkan browsing internet cukup dengan suara. Ini bukan yang pertama karena Ford sudah lebih dulu dengan sistem Sync dari teknologi Microsft Corp (MSFT).
Blue Link bisa disambungan ke situs jejaringan sosial Twitter, SMS, dan e-mail. Jika kendaraan itu dibawa anak jalan-jalan, kita bisa melacak keberadaannya melalui komputer di rumah dengan jarak cukup jauh.
Hebatnya lagi, tersedia sistem keamanan yang memberi tahu jika mengalami kecelakaan. Teknologi ini sudah diterapkan lebih dulu oleh GM dengan sebutan OnStar dengan sistem berlanggangan.
Toyota dan Hyundai berharap sistem ini bisa mengatasi masalah lama dengan perkembangan teknologi otomotif. Karena, menurut keduanya, sulit meng-upgrade perangkat keras yang dibangun ke dalam mobil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar