Selasa, 22 Februari 2011

Mobil diesel hybrid

Gambar


Jenewa - Kalangan otomotif dunia sering kali berdebat tentang keunggulan mesin diesel melawan hybrid. Volvo pun mengambil jalan tengah. Kenapa tidak digabungkan saja keduanya? Dan akhirnya Volvo pun melahirkan mobil diesel hybrid pertama di dunia.

Dalam siaran pers Volvo, Selasa (22/2/2011), pabrikan Swedia itu akan memasukkan diesel hybrid ke dalam perut mobil V60 wagon. Seperti halnya mobil hybrid, mesin diesel dan motor listrik di V60 bisa saling bekerja terpisah atau juga berbarengan melajukan mobil.

Mesin dieselnya menggunakan mesin 2.4-liter five-cylinder turbodiesel dengan 215 hp dan 324 pound-feet torsi, sementara motor listriknya memiliki daya 70 hp dengan baterai 12 kWh lithium ion.

Tinggal sentuh tombol saja, V60 hybrid bisa beroperasi dalam mode elektrik (EV) sejauh 32 mil. Dalam mode hybrid mobil ini bisa melaju hingga 746 mil dan mengeluarkan emisi CO2sebanyak 50 gram/km.

Sentuh tombol lagi, dan mobil pun berada di Power mode. Mode untuk ngebut yang bisa membawa mobil berlari dari 0-100 km per jam dalam 6,9 detik. Lumayan cepat untuk mobil versi wagon.

Rencananya V60 Plug-In Hybrid ini akan dikenalkan kepada publik di Geneva Motor Show bulan Maret mendatang.



Sumber : detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar